Rabu, 20 Juli 2016

INVEST Co-op Indonesia

Increasing Wealth and Food Security through the Integrated Co-operative
Business Model (INVEST Co-op) Indonesia


Position        :     Field Coordinator ( KoordinatorLapangan) Invest Co-op Indonesia KUAT  (full-time)
Contract        :     Full time 38 months (Agustus 2016 – September 2019), 6 bulan masa percobaan, dengan kemungkinan perpanjangan
Location        :     Luwu Utara (Bone-Bone) – South Sulawesi
Reports to    :     Project Coordinator


Latar Belakang
LP3M (Lembaga Pengkajian Pedesaan Pantai dan Masyarakat) membuka kesempatan untuk bekerja sebagai FIELD COORDINATOR (KoordinatorLapangan) yang mempunyai pengalaman bekerja di masyarakat,  pengalaman dalam mengelola proyek secara partisipatif serta menguasai peralatan untuk melakukan analisa berkaitan dengan issu-issu pengembangan masyarakat dan gender. Kandidat yang terpilih akan menjadi bagian dari tim implementasi Invest Co-op Indonesia KUAT  yang berlokasi di 4 Kabupaten di Sulawesi Selatan.

Proyek ini merupakan bagian integral dari Implementasi Proyek Invest Co-op di 4 (empat) negara  yang dilakukan oleh CCA (Canadian Co-operative Association) dengan dukungfan dana dari Global Affairs Canada dengan partner kerja LP3M Makassar dan Fisheries and Marine Institute (MI) Memorial University of Newfoundland yang akan memberikan bantuan teknis.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan 69.787 petani kecil di Malawi, Peru, Mongolia dan Indonesia. Di Indonesia proyek ini akan menguatkan petani rumput laut, bandeng dan udang di 4 (empat) Kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Luwu Utara melalui percontohan koperasi yang dikelola dari dan oleh petani itu sendiri. Diharapkan koperasi ini juga akan berfungsi sebagai alat untuk melibatkan perempuan di sektor ekonomi secara formal sekaligus sebagai agen perubahan yang juga dapat meningkatkan situasi sosial ekonomi keluarga dan masyarakat.

Deskripsi tugas :
1.       Mengembangkan profile data lokasi:
a)      Menidentifikasi daftar petani atau anggota koperasi/kelompok tani
b)      Pemetaan Partisipatif : kelompok tani dalam memetakan lokasi (lahan, gudang, pasar, koperasi, dll) menggunakan metode PRA.
c)       Siklus produksi dan produktivitas
d)      Mengidentifikasi tempat pelatihan yang potensial (alam terbuka, ruang publik, kantorkoperasi, dll.)
e)      Pemetaan stakeholder & strategi komunikasi
2.       Membantu konsultan proyek/trainer dalam melakukan analisis dan kegiatan di lokasi proyek dalam hal ini:
a)      Berkoordinasi dengan Training Coordinator & Logistics untuk kegiatan-kegiatan pelatihan di lokasi proyek.
a)      Penyiapan tempat pelatihan (lokasi, peralatan, sound system, tenda/jika outdoor, dll).
b)      Identifikasi dan seleksi peserta (dengan mempertimbangkan strategi gender) berdasarkan kriteria pemilihan yang disetujui)
c)       Penyiapan undangan kegaiatan.
d)      Ketersediaan materi pelatihan dari MI/CCA/LP3M dan distribusinya ke peserta
e)      Mendokumentasi daftar peserta menggunakan form yang tersedia.
f)       Memastikan kelengkapan dokumen pelaporan dan kegiatan di lokasi proyek, mengumpulkan dokumen pelaporan ( dalam bentuk fisik dan data elektronik ) dan mengirimkan ke koordinator proyek
3.       Kemampuan berkomunikasi dengan penerima manfaat baik laki-laki maupun perempuan,  membangun kepercayaan dengan masyarakat dan menjaga reputasi positif proyek dengan baik.
4.       Melakukan pertemuan rutin sebagai tindaklanjut Training of Trainers: melakukan pelatihan bersama petani dimana peserta ToT  yang telah dilatih menjadi pelatih untuk penerima manfaat yang lain (petani)
5.       Menyiapkan laporan mingguan dan diserahkan ke Koordinator Proyek (berisi kegiatan harian,  isu-isu dan pembelajaran)
Kualifikasi yang dibutuhkan :
1.       Berpengalaman dalam mengorganisir pelatihan
2.       Berpengalaman dalam pengembangan masyarakat, (instrumen, praktek dan prinsip-prinsip)
3.       Pengetahuan teknis dalam satu atau lebih aspek: demo manajemen pertanian, perikanan budidaya, keamanan pangan, sertifikasi, penilaian lingkungan, pengembangan koperasi, manajemen keuangan, pemahaman terkait finansial, pembiayaan yang terkait dan pengembangan gender
4.       Bahasa:
a.       Kemampuan Bahasa Inggris adalah aset untuk memastikan komunikasi dengan ahli Kanada/Relawan di lapangan
b.      Kemahiran bahasa lokal di daerahlokasiproyek.

Proses rekrutmen :
Lamaran dapat ditulis dengan melampirkan :
1.       Cover letter yang menjelaskan ketertarikannya anda untuk menjalankan tugas sebagai Field Coordinator
2.       CV terakhir
Dan kirim melalui email ke: info.lp3mkuat@gmail.com, dengan baris subjek berikut: "Invest Co-op Indonesia KUAT: Field coordinator - [nama belakang Anda]".
Aplikasi harus diterima paling lambat 25 Juli 2016 pada tengah malam waktu setempat (Makassar - GMT +8).

Tidak ada komentar: