Senin, 22 Desember 2014

IUWASH


Proyek The Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) adalah prgram enampuluh bulan yang didanai oleh United States Agency for International Development dan dilaksanakan di bawah kepemimpinan DAI. IUWASH bekerja dengan pemerintah, sektor swasta, LSM, kelompok masyarakat dan pemangku pemerintah lainnya untuk akses terhadap air bersih dan sanitasi di daerah perkotaan di Indonesia. Tujuan keseluruhan dari IUWASH adalah untuk membantu Pemerintah Indonesia (GOI) dalam membuat kemajuan yang signifikan dalam mencapai tujuan Millennium Development Goal (MDG) pada sektor air bersih dan sanitasi  dengan memperluas akses ke layanan tersebut. Hasil yang diharapkan akan dicapai adalah: 2 juta orang di perkotaan mendapatkan akses ke persediaan air yang lebih baik; 250.000 orang di daerah perkotaan mendapatkan akses ke fasilitas sanitasi yang baik; dan biaya per unit air dibayar oleh penduduk miskin di daerah yang ditargetkan berkurang setidaknya 20%. Untuk mencapai di atas, bantuan yang diberikan oleh proyek dibagi dalam tiga komponen teknis utama, termasuk:
1.     Mobilisasi permintaan untuk pasokan air dan pelayanan sanitasi;
2.     Meningkatkan dan memperluas kapasitas pelayanan air dan sanitasi; dan
3.     Kebijakan Penguatan dan memungkinkan lingkungan keuangan untuk meningkatkan pasokan air dan pelayanan sanitasi.
Untuk mencapai tujuan ini, IUWASH membutuhkan tenaga-tenaga ahli untuk mengisi posisi jabatan sebagai:

CUSTOMER RELATION & MARKETING SPECIALIST, penempatan di Jakarta. Kode Jabatan: CRMS-JKT

Latar Belakang PD PAL Jaya
PD PAL Jaya, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah, dibawahi oleh Pemerintah Provinis DKI Jakarta, bertanggung jawab atas operasi sistem air limbah serta, sejak 2014, juga bertanggung jawab atas pengelolaan lumpur tinja melalui penyedotan (terjadwal) untuk semua daerah yang tidak terlayani oleh jaringan pembuangan kotoran. Untuk program ini, PD PAL akan membentuk Unit terpisah dalam PD PAL.

Tujuan
Customer Relation & Marketing Specialist akan bertanggung jawab untuk mendukung penanganan pelanggan dan aspek pemasaran/promosi dari Unit Penyedotan Limbah Rutin PD PAL Jaya, untuk memastikan hubungan pelanggan dan kegiatan pemasaran yang diperlukan untuk kegiatan penyedotan rutin yang dilakukan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Customer Relation & Marketing Specialist akan memperkuat kapasitas sumber daya manusia  dari PD PAL Jaya dan kinerja institusional di bidang pemasaran, promosi, pendaftaran pelanggan, database pelanggan dan penanganan pengaduan serta pelaopran yang berkaitan dengan penyedotan rutin.

Tugas
Customer Relation & Marketing Specialist harus memiliki keterampilan, baik praktis (hubungan pelanggan) dan pengetahuan "perangkat lunak" seperti pengelolaan sumber daya manusia, komunikasi dengan berbagai pihak, dll. untuk menangani beberpa tugas dalam mendukung Unit Penyedotan Rutin PD PAL Jaya, seperti:
Hubungan Pelanggan
·         pengembangan strategi hubungan pelanggan secara keseluruhan untuk rumah tangga yang mengikuti program penyedotan rutin
·         mengembangkan kebijakan dan prosedur penanganan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan untuk staf tambahan, peralatan, dll serta melakukan pelatihan untuk staf PD PAL
·         mengidentifikasi potensi kelompok pelanggan (termasuk kemungkinan PKK) dan memperkenalkan program penanganan pelanggan untuk kelompok pelanggan tersebut
·         menerapkan sistem penanganan pelanggan, termasuk trouble shooting, evaluasi dan membuat penyesuaian jika diperlukan
·         merancang dan mengimplementasikan sistem pendaftaran pelanggan, termasuk. persyaratan administrasi.
·         merancang dan operasi database pelanggan penyedotan rutin bersama dengan tim IT PD PAL Jaya.
·         pengembangan dan penerapan sistem penagihan pelanggan yang efektif bersama dengan tim RDU keuangan

Pemasaran
·         berdasarkan hasil sensus dan sarana lain seperti FGD, wawancara mendalam dan data sekunder dari masyarakat, strategi promosi desain dan Program.
·         bekerja sama dengan PKK dan kelurahan setempat dalam pengumpulan data karakteristik masyarakat / profil sebagai dasar dalam merancang strategi pemasaran dan promosi.
·         pengembangan strategi pemasaran untuk mempromosikan kepada rumah tangga di kelurahan terpilih di DKI untuk mengikuti program penyedotan rutin.
·         mengembangkan sistem internal prosedur dan pelatihan tim pemasaran.
·         merancang materi media untuk kegiatan promosi.

Penyampaian
·         Strategi hubungan pelanggan, termasuk manual pelatihan, dll
·         Contoh formulir dan pelaporan mengenai hubungan pelanggan, seperti pendaftaran pelanggan, penanganan keluhan, dll
·         strategi pemasaran sanitasi, termasuk bahan dan manual
·         profil pelanggan lengkap di setiap wilayah layanan
·         laporan bulanan kegiatan hubungan pelanggan dan promosi

Penempatan dan Hubungan Pelaporan
Customer Relation & Marketing Specialist akan ditempatkan di kantor PD PAL Jaya di Jakarta dan sesekali tugas lapangan di DKI Jakarta dan dukungan lain yang diperlukan. PD PAL akan memberikan ruang kantor serta fasilitas dan peralatan kantor yang diperlukan. Staff akan melaporkan kepada Manajer Unit Penyedotan Rutin sebagai Pengawas Utama dan Koordinator IUWASH DKI sebagai Pengawas Sekunder. Staff akan sering berkoordinasi dengan departemen-departemen PD PAL DKI yang terkait dan akan menerima dukungan teknis dari tim Komunikasi IUWASH.

Durasi Pekerjaan
Spesialis Hubungan Pelanggan dan Pemasaran akan dipekerjakan oleh IUWASH dengan kontrak satu tahun mulai Januari 2015 sampai dengan Januari 2016.

Persyaratan yang Dibutuhkan
·         Gelar sarjana atau gelar magister dalam bidang terkait seperti komunikasi, ilmu sosial, pengembangan masyarakat, kesehatan masyarakat, atau insinyur lingkungan;
·         Berpengalaman minimal 3 tahun di bidang komunikasi, terutama hubungan pelanggan dan / atau pemasaran;
·         Familiar dengan program sanitasi dan kebersihan di Indonesia;
·         Memiliki pengalaman bekerja untuk / atau dengan pemerintah daerah;
·         Memiliki pengalaman dalam pekerjaan pengorganisasian masyarakat;
·         Memiliki pengalaman dalam mengelola mitra pelaksana dari CSO / LSM / Pemerintah Pusat;
·         Kemampuan untuk memahami, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris;
·         Fleksibilitas untuk bekerja pada malam hari dan akhir pekan jika diperlukan, dan melakukan perjalanan secara substansial di DKI.
PENGIRIMAN LAMARAN
Pelamar yang berminat dapat mengirimkan lamaran lengkap dengan 3 (tiga) referensi ke emailIUWASH_recruitment@dai.com paling lambat tanggal 29 Desember 2014 setelah pemasangan iklan ini. Mohon untuk menuliskan KODE jabatan pada kolom judul email. Hanya pelamar dengan lamaran lengkap dan memenuhi syarat yang akan dihubungi.

Tidak ada komentar: