Senin, 22 Desember 2014

IUWASH


Proyek The Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (IUWASH) adalah prgram enampuluh bulan yang didanai oleh United States Agency for International Development dan dilaksanakan di bawah kepemimpinan DAI. IUWASH bekerja dengan pemerintah, sektor swasta, LSM, kelompok masyarakat dan pemangku pemerintah lainnya untuk akses terhadap air bersih dan sanitasi di daerah perkotaan di Indonesia. Tujuan keseluruhan dari IUWASH adalah untuk membantu Pemerintah Indonesia (GOI) dalam membuat kemajuan yang signifikan dalam mencapai tujuan Millennium Development Goal (MDG) pada sektor air bersih dan sanitasi  dengan memperluas akses ke layanan tersebut. Hasil yang diharapkan akan dicapai adalah: 2 juta orang di perkotaan mendapatkan akses ke persediaan air yang lebih baik; 250.000 orang di daerah perkotaan mendapatkan akses ke fasilitas sanitasi yang baik; dan biaya per unit air dibayar oleh penduduk miskin di daerah yang ditargetkan berkurang setidaknya 20%. Untuk mencapai di atas, bantuan yang diberikan oleh proyek dibagi dalam tiga komponen teknis utama, termasuk:
1.     Mobilisasi permintaan untuk pasokan air dan pelayanan sanitasi;
2.     Meningkatkan dan memperluas kapasitas pelayanan air dan sanitasi; dan
3.     Kebijakan Penguatan dan memungkinkan lingkungan keuangan untuk meningkatkan pasokan air dan pelayanan sanitasi.
Untuk mencapai tujuan ini, IUWASH membutuhkan tenaga-tenaga ahli untuk mengisi posisi jabatan sebagai:

FINANCE & CUSTOMERS SYSTEM BILLING SPECIALIST, penempatan di Jakarta. Kode Jabatan: FCSBS-JKT

Latar Belakang PD PAL Jaya
PD PAL Jaya, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah, dibawahi oleh Pemerintah Provinis DKI Jakarta, bertanggung jawab atas operasi sistem air limbah serta, sejak 2014, juga bertanggung jawab atas pengelolaan lumpur tinja melalui penyedotan (terjadwal) untuk semua daerah yang tidak terlayani oleh jaringan pembuangan kotoran. Untuk program ini, PD PAL akan membentuk Unit terpisah dalam PD PAL.

Tujuan
Finance & Customers System Billing Specialist akan bertanggung jawab untuk mendukung sistem keuangan dan penagihan di Unit Penyedotan Reguler PD PAL Jaya DKI, untuk memastikan sistem keuangan dan penagihan yang dibutuhkan pada pengoperasian kegiatan penyedotan rutin dilakukan dalam kinerja yang baik sebagai perencanaan dan memenuhi dengan waktu yang diminta. Petugas Keuangan dan Penagihan Pelanggan kapasitas sumber daya manusia  dari PD PAL Jaya dan kinerja kelembagaan pada penganggaran, sistem penagihan dan pelaporan di unit penyedotan biasa di PD PAL Jaya DKI.

Tugas
Pengelolaan Finansial
·         Mendukung Unit Penyedotan Rutin untuk memastikan bahwa kebijakan dan prosedur keuangan yang standar dan seragam diterapkan di PD PAL DKI Jakarta atau prosedur tertentu dalam Unit penyedotan Reguler, memberikan pelatihan yang diperlukan atau bimbingan yang mungkin diperlukan.
·         Mendukung Unit Penyedotan Rutin dan Direktur Keuangan dengan perhitungan struktur biaya dan sistem pembayaran untuk mitra usaha PD PAL (operator swasta truk pengelolaan lumpur tinja).
·         Berkolaborasi erat dengan komponen teknis utama dan bagian administrasi untuk pelacakan akrual, komitmen, rencana pembelanjaan serta masukan dan perubahan anggaran.
·         Menjejaki pembiayaan lapangan untuk memastikan bahwa pembiayaan oleh kanto lapangan tidak melebihi dana.
·         Meninjau faktur rancangan klien yang dikirim oleh mitra bisnis PD PAL terkait operasi penyedotan rutin untuk setiap kesalahan atau kelalaian. Jika perbaikan diperlukan maka harus memberikan deskripsi yang diperlukan bersama dengan dokumentasi cadangan yang diperlukan untuk Manajer Unit, yang akan memproses koreksi per prosedur keuangan PD PAL.
·         Mendukung Manajer Unit Penyedotan Rutin dalam menyiapkan laporan keuangan kepada Direktur Keuangan PD PAL Jaya DKI. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, laporan perpipaan, laporan keuangan triwulan dan laporan keuangan tahunan.


Sistem Penagihan
·         Mendukung Manajer Unit dan Direktur Keuangan dengan perhitungan tarif yang sesuai untuk rumah tangga, kantor-kantor pemerintah dan usaha-usaha setempat
·         Membuat dan mengawasi sistem penagihan untuk penyedotan rutin dilakukan sesuai dengan prosedur yang tepat dan layak sesuai standar administrasi PD PAL seperti yang disebutkan dalam SOP penanganan penagihan pelanggan  (menganalisis prosedur penagihan, mendapat persetujuan dari atasan penagihan, menyiapkan komputerisasi faktur untuk pelanggan , dan sebagainya.)
·         Mengimplementasikan sistem penagihan yang efektif dan diperlukan seperti ulasan semua catatan yang berhubungan dengan tagihan untuk memastikan akurasi, ulasan dan memantau kebenaran perhitungan tagihan / invoice sebelum dikirim ke pelanggan, memastikan semua tenggat waktu penagihan, menyimpan catatan rinci dari semua transaksi penagihan, biaya, pendapatan dan transfer dana, menyusun catatan penagihan dan laporan proyeksi pendapatan administrasi, merekomendasikan perubahan dalam proses penagihan, dll
·         Membantu dan mendukung semua biller, jika perlu untuk melatih karyawan baru di departemen penagihan, berpartisipasi dalam audit internal ketika diperlukan, analisis dan ulasan klaim asuransi dan semua klaim pihak ketiga, dll
·         Menyiapkan laporan untuk manajemen atas permintaan atau secara teratur, juga mempersiapkan diagram dan grafik untuk menunjukkan varians pendapatan untuk analisis dengan penagihan manajer atau staf eksekutif.
·         Memupuk transparansi dalam prosedur penagihan untuk membantu unit layanan pelanggan PD PAL pada berurusan dengan pelanggan pada pertanyaan penagihan, mengeluh atau bahkan akun tunggakan.
·         Mendukung unit penyedotan biasa ketika diperlukan pada bagian dari pemilihan sistem penagihan komputer baru atau upgrade jika perlu untuk membantu di konversi ke sistem baru dan mendidik staf penagihan tentang cara menggunakannya dengan benar.

Penyampaian
·         Persiapan anggaran penyedotan rutin tahunan, termasuk struktur biaya untuk mitra sektor swasta
·         Penyusunan Laporan bulanan Keuangan dan Penagihan unit Penyedotan Rutin yang lengkap dan akurat
·         Memfungsikan pengawasan keuangan dan pengendalian sistem internal

Penempatan dan Hubungan Pelaporan
Finance & Customers System Billing Specialist akan ditempatkan di kantor PD PAL Jaya di Jakarta dan sesekali tugas lapangan di DKI Jakarta dan dukungan lain yang diperlukan. PD PAL akan memberikan ruang kantor serta fasilitas dan peralatan kantor yang diperlukan. Staff akan melaporkan kepada Manajer Unit Penyedotan Rutin sebagai Pengawas Utama dan Koordinator IUWASH DKI sebagai Pengawas Sekunder. Staff akan sering berkoordinasi dengan departemen-departemen PD PAL DKI yang terkait dan akan menerima dukungan teknis dari tim Keuangan Perkotaan IUWASH.

Durasi Pekerjaan
Finance & Customers System Billing Specialist akan dipekerjakan oleh IUWASH dengan kontrak satu tahun mulai Januari 2015 sampai dengan Januari 2016.


Persyaratan yang Dibutuhkan

·         Memiliki keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik.
·         Harus memiliki kemampuan matematika yang baik.
·         Harus memiliki pemahaman yang jelas tentang program penagihan.
·         Pengetahuan tentang akuntansi yang berlaku.
·         Harus memiliki keterampilan komputer yang sangat baik.
·         Pengetahuan tentang program Microsoft Access dan Excel.
·         Pemerhati detail dan terorganisir.
·         Harus memiliki kemampuan analisis yang unggul.
·         Harus memiliki pengetahuan universal tentang peraturan tagihan terkait dengan industri.
·         Seorang multi-tasker efisien.
·         Harus memiliki kemampuan komunikasi tertulis dan lisan yang baik.
·         Memiliki kemampuan untuk bekerja secara independen dengan sedikit pengawasan.
·         Memiliki kemampuan untuk mengelola situasi stres, terutama ketika menutup satu bulan atau satu tahun fiskal.

Pendidikan dan Pengalaman
·         Sarjana Akuntansi, Keuangan atau yang berhubungan dengan pengitungan.
·         Memiliki Sertifikat Analis Penagihan Profesional adalah keuntungan.
·         Pengalaman sebagai petugas penagihan atau pengawas penagihan adalah keuntungan.
·         Diploma dalam bidang penghitungan yang berhubungan seperti akuntansi atau keuangan.


PENGIRIMAN LAMARAN
Pelamar yang berminat dapat mengirimkan lamaran lengkap dengan 3 (tiga) referensi ke emailIUWASH_recruitment@dai.com paling lambat tanggal 29 Desember 2014 setelah pemasangan iklan ini. Mohon untuk menuliskan KODE jabatan pada kolom judul email. Hanya pelamar dengan lamaran lengkap dan memenuhi syarat yang akan dihubungi.

Tidak ada komentar: