Senin, 06 April 2015

IFAD


1. Latar Belakang
Direktorat Pendanaan Luar Negeri Multilateral Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) bekerja sama dengan IFAD melaksanakan kegiatan pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan untuk dapat memanfaatkan pengalaman proyek-proyek sebagai dasar bagi penyusunan kebijakan (evidence-based policy). Proyek ini memiliki tiga ouput kunci yaitu (i)dokumentasi pengalaman; (ii) pengelolaan dan berbagi pengetahuan;dan (iii) pelaksanaan proyek dan monitoring.

Salah satu kegiatan dari proyek ini adalah dukungan terhadap penguatan sistem yang dimiliki oleh BAPPENAS untuk pemantauan dan evaluasi kinerja proyek pinjaman dan hibah luar negeri. Termasuk dalam dukungan tersebut adalah perbaikan kualitas pemaketan dari laporan akhir pemantauan dan evaluasi kinerja proyek.

2. Hasil yang diharapkan
Hasil yang diharapkan adalah satu buku laporan yang memiliki isi yang terstruktur baik, informatif, dan tepat sasaran pengguna. Buku laporan yang disampaikan juga telah memiliki tata letak (layout) yang menarik namun sederhana dan seragam. Rincian dari hasil yang diharapkan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Sasaran pembaca laporan adalah pemerintah (pusat dan daerah), mitra pembangunan internasional, serta pihak lainnya yang memiliki ketertarikan terhadap kemajuan, tantangan, dan pembelajaran dari pengelolaan proyek pinjaman dan hibah luar negeri di Indonesia;
  • Penampilan informasi yang layak dikedepankan (highlight) dalam bentuk info grafis dengan desain terkini. Beberapa informasi dimaksud antara lain: (1) Pencapaian kinerja dan keberhasilan proyek atau instansi penanggung jawab proyek hingga triwulan pelaporan; (2) Posisi pelaksanaan proyek saat ini dan strategi ke depan (the way forward), terutama strategi pemecahan terhadap permasalahan yang dihadapi; dan (3) Pembelajaran/lesson learned (jika ada);
  • Tata letak (layout) laporan yang sederhana namun menarik, dengan tetap mempertimbangkan organisasi informasi yang baik dan keseimbangan proporsi dari kelompok informasi yang disampaikan;
  • Laporan disampaikan dalam format yang siap cetak, namun tetap memiliki keleluasaan untuh perubahan lebih lanjut (misalnya format Indesign, Adobe Illustrator, Word)
3. Deskripsi Pekerjaan dan Tanggung Jawab

Editor akan bekerja selama 2 minggu. Selama masa pekerjaan tersebut, Editor akan melakukan interaksi dengan Manajer Proyek, sebagai pengawas pekerjaan, dan anggota tim penulis laporan pemantauan dan evaluasi. Deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Editor menerima bahan buku laporan dari tim penulis. Buku laporan yang dimaksud merupakan hasil kompilasi dari laporan pelaksanaan proyek pinjaman dan hibah luar negeri yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik didanai oleh mitra pembangunan bilateral dan multilateral (±109 halaman). Buku laporan masih memiliki keragaman informasi sesuai dengan karakteristik proyek;
  • Editor menyampaikan hasil review terhadap kecukupan informasi dan desain awal dari laporan selambatnya 3 hari setelah bahan diterima. Jika dirasa perlu, Manajer Proyek akan memanggil Editor untuk melakukan 1 pertemuan untuk membahas draft tersebut. Pertemuan akan dilaksanakan di Jakarta;
  • Editor menyampaikan draft pertama hasil layout selambatnya 1 minggu setelah draft desain awal disampaikan, untuk mendapatkan masukan dari penanggungjawab penulisan laporan. Hasil pekerjaan dapat disampaikan melalui surat elektronik;
  • Editor menyampaikan hasil pekerjaan akhir selambatnya 4 hari setelah draft pertama disampaikan. Hasil pekerjaan dapat disampaikan melalui surat elektronik;
  • Dalam proses pelaksanaan pekerjaan di atas, editor wajib melakukan komunikasi dan konsultasi baik dengan Manajer Proyek maupun anggota tim penulis laporan untuk melakukan klarifikasi terhadap informasi laporan yang kurang jelas, konfirmasi terhadap upaya modifikasi di luar desain awal yang berpotensi mengurangi/menambah informasi laporan, serta memberikan informasi kemajuan pekerjaan. Komunikasi dapat dilakukan baik lisan maupun tulisan.

4. Kualifikasi

  1. Editor memiliki pengalaman minimal 2 tahun sebagai penulis dan editor laporan, dibuktikan dengan contoh-contoh hasil desain yang pernah dibuat dan dipublikasikan;
  2. Memiliki keahlian pengolahan dokumen seperti MS. Word, Excel, Adobe Indesign, Adobe Illustrator, CorelDRAW dsb;
  3. Mampu menghasilkan keluaran pekerjaan sesuai batasan tenggat waktu yang diminta;
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik dan proaktif;
  5. Diutamakan bagi kandidat yang memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai lembaga pemerintah atau mitra internasional.

Kirimkan aplikasi Anda beserta CV dan contoh portofolioselambatnya 8 April 2015 kepada:
Sekretariat SEDSSTC
Kirimkan e-mail dengan subjectEditor

Tidak ada komentar: