Selasa, 10 Maret 2015

Mercy Corps

Lingkup Pekerjaan
Water Treatment Specialist
Latar Belakang
Program Inisiatif Ketahanan Bencana bagi Masyarakat Rentan (Disaster Resilience Initiative for Vulnerable Communities(DRIVE-C)) adalah program yang dilaksanakan oleh Mercy Corps Indonesia  dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat perkotaan dan sekitarnya yang rentan terhadap risiko bencana melalui penguatan kapasitas masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta. Program ini dilaksanakan di Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat sejak tahun 2013 hingga Juni 2015.
 
Pada bulan Maret-April 2014, Program DRIVE-C telah memfasilitasi Penilaian Kerentanan (VCA) di lokasi Desa Jelegong, Linggar, Majalaya, Sukamaju dan Laksanamekar. Selama sesi asesmen, ditemukan bahwa hampir semua sumber air permukaan telah terkontaminasi oleh limbah cair industri, limbah domestic maupun banjir. Sebagian besar sumur dangkal juga kualitasnya memburuk karena terkontaminasi banjir selama musim hujan dan resapan limbah industri selama musim kemarau.
 
Masyarakat juga tidak mempunyai pilihan yang lebih baik dan tetap menggunakan air yang tercemar limbah  untuk berbagai keperluan mereka. Untuk mengatasi situasi ini, setiap keluarga mencoba untuk menyaring air yang sudah tercemar dengan segala keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki. Dan sebagian besar keluarga tetap menggunakan air tercemar apa adanya.
 
Proyek DRIVE-C juga sedang menyelesaikan survey kualitas air dengan mengambil sekitar 100 sampel sumber air warga di lokasi tersebut untuk diteliti parameter dasar seperti sifat-sifat fisik (bau, warna), kekeruhan, TDS, pH maupun mikrobiologi; Proyek DRIVE-C juga melakukan filterability test, untuk menentukan metode apa yang dapat diterapkan untuk mengolah jenis sumber air baku tersebut
 
Untuk tujuan tersebut, Proyek DRIVE-C merekomendasikan metode pengolahan yang dapat diterapkan untuk setiap jenis sumber air yang terkontaminasi, sehingga komunitas terdampak mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk bisa mengakses kebutuhan air bersih dengan teknologi dan biaya yang terjangkau.
 
 
Lingkup Pekerjaan
 
1.       Menyediakan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat panduan dan menyelenggarakan pelatihan pengolahan sumber air yang terkontaminasi.
2.       Memberikan rekomendasi sistem pengolahan air dan pelatihan membuat siatem pengolahan air dengan material/suku cadang yang tersedia di pasaran local.
Pekerjaan pokok
Pekerjaan pokok penyedia jasa adalah sebagai berikut:
1.       Membuat panduan ringkas untuk pengolahan air bersih berdasarkan karakter/kualitas air baku (sumur dangkal/sumur dalam), berdasarkan hasil survey kualitas air yang telah disiapkan oleh proyek.
2.       Menyelenggarakan pelatihan termasuk merakit contoh sistem pengolahan air untuk tingkat rumah tangga, menggunakan suku cadang dan komponen yang tersedia di pasar lokal.
3.       Memberikan rekomendasi untuk sistem pengolahan air dan metode proteksi sumber air (sumur dangkal/sumur dalam) dari kontaminasi banjir dan limbah domestik/industri. Rekomendasi akan diberikan secara spesifik untuk seluruh sumber air yang sudah diteliti sebelumnya.
Keluaran (Deliverables)
1.       Sebuah dokumen yang berisi rekomendasi pengolahan air dan proteksi sumber air untuk kualitas air yang spesifik di 100 lokasi yang sudah disurvei oleh Proyek DRIVE-C.
2.       Perwakilan warga termasuk kelompok perempuan di lokasi yang airnya terkontaminasi mampu merakit sistem pengolahan air dengan metode dan biaya yang terjangkau dengan suku cadang yang tersedia di pasar lokal.
Kualifikasi
Konsultan diharapkan mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang sistem pengolahan air bersih terutama untuk wilayah yang terdampak oleh kontaminasi limbah industri maupun limbah domestik dengan kompetensi:
1.       Mempunyai pengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pengolahan air bersih,
2.       Mempunyai kemamampuan dalam mendesain dan merakit sistem pengolahan air dengan sistem filtrasi biasa untuk berbagai jenis karakter air baku.
3.       Mempunyai pengalaman bekerja dan menyelenggarakan untuk peserta dari kalangan masyarakat umum.
4.       Memiliki informasi yang memadai tentang berbagai jenis komponen pengolahan air yang saat ini tersedia di pasar lokal yang sehingga dapat diakses oleh komunitas.
Lokasi
Desa Linggar – Rancaekek, Kabupaten Bandung
Desa Jelegong  – Rancaekek, Kabupaten Bandung
Desa Majasetra – Majalaya, Kabupaten Bandung
Desa Sukamaju – Majalaya, Kabupaten Bandung
Desa Laksanamekar – Padalarang, Kabupaten Bandung Barat
 
 
Waktu Pelaksanaan
23 Maret – 30 April 2015
 

 Aplikasi dan CV dapat dikirimkan ke procurement@id.mercycorps.org sebelum 12 Maret 2015

Tidak ada komentar: