Kamis, 02 Oktober 2014

YAYASAN BaKTI

REKRUITMENT STAF SUB OFFICE PROGRAM PROGRAM MAMPU YAYASAN BaKTI

(MAJU PEREMPUAN INDONESIA UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN)


LATAR BELAKANG PROGRAM

Keterwakilan perempuan di parlemen masih menjadi perbincangan hangat dan perdebatan seru. Meskipun telah banyak perempuan di parlemen dan menjadi pengurus partai politik di semua jajaran, tidak membuat membuat kondisi perempuan lebih baik karena realitas keterwakilan perempuan di parlemen dan partai politik saat ini, dinilai belum merepresentasikan perjuangan kaum perempuan. Banyak perempuan yang dipilih misalnya karena soal ketenaran dan menjadi sekedar pelengkap untuk memenuhi kuota 30% saja. Padahal banyak perempuan-perempuan lain yang sebenarnya punya kemampuan lebih dan tahu persoalan-persoalan perempuan tetapi mereka tidak memiliki akses atau kesempatan untuk terlibat dalam partai politik dan di parlemen.
Dari berbagai sumber kajian akademik terlihat bahwa sampai saat ini, masih banyak daerah yang dalam penyusunan anggarannya belum menerapkan asas-asas responsif gender. Tajuk berita beberapa media regional di KTI di awal 2012 menunjukkan perjuangan para legislator perempuan untuk meloloskan rancangan perda mengenai anggaran yang responsif gender. Sementara di tingkat kementerian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan serta enam kementerian lain sudah menerapkan anggaran yang responsif gender di lingkup kerjanya.

Yayasan BaKTI dengan dukungan AusAID telah melakukan “Penelitian  Kebutuhan, Penguatan Kapasitas Yang Telah Diikuti dan Hasil Kerja Perempuan Parlemen” dan “Survey Harapan Masyarakat Terhadap Anggota Parlemen Perempuan”. Hasil Penelitian tersebut, mendapatkan temuan-temuan seperti kendala internal dan eksternal yang dihadapi dan dialami APP dalam menjalankan tupoksinya.

Kendala internal seperti kurangnya rasa percaya diri APP untuk mengemukakan gagasan didepan orang banyak, rendahnya kapasitas dalam mengidentifikasi dan mengemas issu, kurangnya pemahaman tentang prosedur pelaksanaan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Selain itu, juga ditemukan kendala internal secara kelembagan seperti kurangnya realisasi inisiatif akibat tidak adanya dukungan dari fraksi mayoritas oleh karena kepentingan yang berbeda.

Hal-hal tersebut diatas mendasari Yayasan BaKTI bersama jaringannya untuk mengusung program “Penguatan Kapasitas Anggota Parlemen Perempuan dalam Memperjuangkan Kebijakan yang Berpihak pada Perempuan dan Masyarakat Miskin”. Program ini dilaksanakan di bawah program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) yang didanai oleh AUSAID dan mencakup 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur Indonesia. Tahun pertama akan berprogram di Provinsi NTB, Sulsel dan Maluku serta akan bekerja dengan LSM/Ornop sebagai Mitra Daerah yang konsern pada 5 (lima) tema MAMPU:

1)      Meningkatkan akses perempuan terhadap program perlindungan sosial pemerintah;
2)      Penguatan kepemimpinan perempuan untuk kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu hamil;
3)      Memperkuat kepemimpinan perempuan untuk menguruangi kekerasan terhadap perempuan;
4)      Memperbaiki kondisi untuk buruh migran;
5)      Meningkatkan akses perempuan terhadap lapangan pekerjaan dan menghapus diskriminasi di tempat kerja.

Untuk pelaksanaan program tersebut, saat ini Yayasan BaKTI saat ini sedang mencari staf program untuk posisi: Program Officer.

REKRUITMEN

Program Coordinator MAMPU (1 Orang)
Bekerja dibawah supervisi  Program Manager MAMPU, dengan tugas dan kualifikasi:

1.    Tugas      
1)        Mengkoordinir Implementasi program MAMPU pada wilayah Sub Office BaKTI.
2)        Memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan program sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan.
3)           Melakukan supervis pelaksanaan program terhadap tim program, adminsitrasi dan keuangan
4)        Menggantikan peran Program Manager MAMPU jika dibutuhkan.
5)        Melakukan koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan propinsi.
6)        Membuat laporan narasi program sesuai dengan periode yang telah ditentukan.
7)        Membuat analisa terhadap media monitoring yang dikumpulkan oleh Admin Assistant.
8)        Mengidentifikasi dan mendokumentasikan praktik-praktik cerdas.
9)        Menjadi moderator mailing list Program MAMPU BaKTI.
10)    Melakukan koordinasi dengan Unit Komunikasi BaKTI mengenai informasi dan pengetahuan yang diterima dan didiseminasikan baik kepada Mitra BaKTI Program MAMPU maupun pihak lain.
11)    Membuat database terkait dengan Program MAMPU.
12)    Mereview permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program yang diajukan oleh Admin Officer MAMPU.
13)    Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
14)    Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager.

2.   Kualifikasi
1)        Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola program penguatan kapasitas.
2)        Berpengalaman minimal 4 tahun dalam program, khususnya yang terkait dengan isu Gender.
3)        Berpengalaman bekerjasama dengan Legislatif dan Pemerintah Daerah.
4)        Trampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
5)        Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
6)        Self Initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
7)        Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.

Project Officer (PO): 2 Orang
Bekerja atas supervisi Program Coordinator, dengan tugas dan kualifikasi:
 1.    Tugas
1)        Memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan program berjalan sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan.
2)        Menggantikan peran Program Coordinator jika dibutuhkan.
3)        Melakukan koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan propinsi.
4)        Membuat laporan narasi pelaksanaan kegiatan program.
5)        Membantu Program Coordinator membuat analisa terhadap media monitoring yang dikumpulkan oleh Admin Assistant.
6)        Mengidentifikasi dan mendokumentasikan praktik-praktik cerdas.
7)        Menjadi moderator mailing list Program MAMPU BaKTI.
8)        Atas persetujuan Program Koordinator Melakukan koordinasi dengan Unit Komunikasi BaKTI mengenai informasi dan pengetahuan yang diterima dan didiseminasikan baik kepada Mitra BaKTI Program MAMPU maupun pihak lain.
9)        Membuat database terkait dengan Program MAMPU.
10)    Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
11)    Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager.

2.   Kualifikasi
1)        Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola program penguatan kapasitas.
2)        Berpengalaman minimal 2 tahun dalam program, khususnya yang terkait dengan isu Gender.
3)        Trampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
4)        Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)        Self Initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
6)        Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.

Staf Monitoring dan Evaluasi  (1 Orang).
Bekerja dibawa supervisi Program Coordinator dengan tugas dan kualifikasi:

1.    Tugas
1)        Membantu tim program untuk memastikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan program berjalan sesuai dengan rencana kegiatan yang telah ditetapkan.
2)        Melakukan koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan propinsi.
3)        Membuat pendokumentasian data-data program.
4)        Mengumpulkan media monitoring dan membantu Program Coordinator membuat analisis terhadap media monitoring yang dikumpulkan.
5)        Menyiapkan dan Membuat analisa pelaksanaan kegiatan (pre-post test, dan tools lain yang digunakan)
6)        Menjadi kontributor pada mailing list Pintar MAMPU.
7)        Membuat database terkait dengan Program MAMPU.
8)        Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
9)        Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager.

2.   Kualifikasi
1)        Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola program penguatan kapasitas.
2)        Berpengalaman minimal 2 tahun dalam melakukan pendokumentasian program dan  melakukan monitoring dan evaluasi, memahami peserpektif gender akan menjadi kualifikasi khusus.
3)        Trampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
4)        Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)        Self Initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
6)        Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.

Staf Finance (1 Orang)
Bekerja dibawah supervise Program Coordinator dengan tugas dan kualifikasi:
1.      Tugas
1)      Memastikan penggunaan anggaran program MAMPU sesuai dengan rencana kerja yang disusun
2)      Membuat rencana anggaran dan laporan realisasi/ penggunaan anggaran sesuai dengan waktu pelaporan yang ditetapkan
3)      Membuat voucher terkait dengan pengeluaran dan pemasukan dana program MAMPU yang sesuai dengan standar keuangan Yayasan BaKTI untuk diajukan ke FAO Yayasan BaKTI.
4)      Mengumpulkan dan menyimpan dokumen-dokumen terkait dengan laporan keuangan sesuai dengan Standar Keuanagan Yayasan BaKTI terkait dengan penggunaan dana Yayasan BaKTI.
5)      Bekerjasama dengan Project Officer dalam memastikan anggaran tersedia untuk pelaksanaan kegiatan
6)      Melakukan tugas lain yang diminta oleh supervisor atau line manager.

2.      Kualifikasi
1)   Minimum S1 Akuntansi
2)   Berpengalaman minimal 2 tahub dalam bidang keuangan dan program
3)   Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan   
       keuangan dan administrasi.
4)   Komunikasi yang baik dalam bahasa Idnonesia dan Ingris, lisan dan tulisan.
5)   Self initiative, motivated, dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
6)   Mampu bekerja dengan pengawasan minim
7)   Dapat bekerja dengan tekanan yang padat dengan waktu yang terbatas
8)   Mampu bekerja dalam tim.

Staf Admin (1 Orang)
Bekerja dibawah supervise Program Coordinator dengan tugas dan kualifikasi :
1.      Tugas
1)      Mendokumentasikan segala bentuk dokumen program MAMPU seperti laporan-laporan narasi dari mitra daerah, foto, klipping dan segala publikasi program lainnya
2)      Membuat dan megajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program bersama dengan Program Koordinator
3)      Membuat dann mengajukan procurement untuk pengadaan barang dan jasa.
4)      Membantu finance dalam kelengkapan administrasi guna pelaporan keuangan
5)      Membuat dan mengajukan laporan penggunaan anggaran kepada dinanace.
6)      Membantu Finanace dan Project Officer MAMPU dengan perkiraan kebutuhan anggaran pelaksanaan program.
7)      Membantu Program Coordinator dan Project Officer MAMPU dalam surat menyurat, mengorganisisr kegiatan, transportasi, akomodasi, pemesanan penerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
8)      Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau line manager.
 
2.      Kualifikasi
1)      Minimum S1 komunikasi atau administrasi
2)      Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang administrasi dan pelaporan
3)      Ter ampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
4)      Self initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
5)      Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan yang minim
6)      Mampu bekerja didalam tim.

Staf Project Assistant (PA): 3 Orang
Program Assisstant bertanggung jawab langsung kepada Project Officer, dengan tugas kualifikasi sebagai berikut :

1.     Tugas
1)        Bertanggung jawab untuk mendokumentasikan segala dokumen program MAMPU,
2)        Seperti laporan-laporan narasi, foto, kliping, dan segala publikasi pelaksanaan program.
3)        Membuat dan mengajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan
4)        Perjalanan untuk keperluan program bersama dengan Project Officer.
5)        Mempersiapkan kelengkapan administrasi dan keuangan untuk pelaporan kegiatan.
6)        Membantu Program Officer mengelola SMS Gateway dan Media on line Pintar       MAMPU.
7)        Membantu Project Officer MAMPU berkaitan dengan surat-menyurat, mengorganisir kegiatan, mengorganisir transportasi, akomodasi, pemesananpenerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
8)        Membuat terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
9)        Melakukan tugas lain yang diminta supervisor dan atau line manager.

2.     Kualifikasi
1)        Minimum S1 bidang ilmu sosial, ekonomi atau bidang lain yang relevan.
2)        Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang administrasi dan program.
3)        Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan administrasi dan pelaporan.
4)        Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)        Self initiative, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
6)        Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimu.
7)        Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dengan baik.

LOKASI DAN DURASI

Posisi ini adalah local hired dan akan berbasis di Kantor Sub Office Yayasan BaKTI di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Durasi penugasan untuk post ini adalah 8 (delapan) bulan dimulai Oktober 2014 – 30 Juni 2015 dengan kemungkinan perpanjangan yang bergantung pada kinerja.

Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, jenis kelamin, kecacatan, status sosial-ekonomi, orientasi seksual atau keyakinan agama.  

Bagi yang berminat dan merasa memenuhi syarat/ kriteria tersebut diatas, silahkan untuk mengirim lamaran ke info@bakti.or.id (CV dan surat lamaran) dengan batas waktu tidak lewat dari tanggal 6 Oktober 2014.

--
Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)
Jl. H.A. Mappanyukki No.32  
Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Telp. +62 411 832 228, 833 383 Fax +62 411 852 146
Kantor MAMPU BaKTI Jl. H.A. Mappanyukki No. 62A
Telp. +62 411 871 521 Fax +62 411 832 173
www.batukarinfo.com
www.bakti.or.id
pintarmampu.bakti.or.id
Facebook: YayasanBaKTI
Twitter: @InfoBaKTI

Tidak ada komentar: