REKRUITMENT STAF SUB OFFICE PROGRAM PROGRAM MAMPU YAYASAN BaKTI
(MAJU PEREMPUAN INDONESIA UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN)
LATAR BELAKANG
PROGRAM
Keterwakilan
perempuan di parlemen masih menjadi perbincangan hangat dan perdebatan seru. Meskipun
telah banyak perempuan di parlemen dan menjadi pengurus partai politik di semua
jajaran, tidak membuat membuat kondisi perempuan lebih baik karena realitas
keterwakilan perempuan di parlemen dan partai politik saat ini, dinilai belum
merepresentasikan perjuangan kaum perempuan. Banyak perempuan yang dipilih
misalnya karena soal ketenaran dan menjadi sekedar pelengkap untuk memenuhi
kuota 30% saja. Padahal banyak perempuan-perempuan lain yang sebenarnya punya
kemampuan lebih dan tahu persoalan-persoalan perempuan tetapi mereka tidak
memiliki akses atau kesempatan untuk terlibat dalam partai politik dan di
parlemen.
Dari berbagai sumber kajian akademik terlihat bahwa
sampai saat ini, masih banyak daerah yang dalam penyusunan anggarannya belum
menerapkan asas-asas responsif gender. Tajuk berita beberapa media regional di
KTI di awal 2012 menunjukkan perjuangan para legislator perempuan untuk
meloloskan rancangan perda mengenai anggaran yang responsif gender. Sementara
di tingkat kementerian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan
Perempuan serta enam kementerian lain sudah menerapkan anggaran yang responsif
gender di lingkup kerjanya.
Yayasan BaKTI dengan dukungan AusAID telah melakukan “Penelitian
Kebutuhan, Penguatan Kapasitas Yang Telah Diikuti dan Hasil Kerja
Perempuan Parlemen” dan “Survey Harapan Masyarakat Terhadap Anggota
Parlemen Perempuan”. Hasil Penelitian tersebut, mendapatkan temuan-temuan
seperti kendala internal dan eksternal yang dihadapi dan dialami APP dalam
menjalankan tupoksinya.
Kendala internal seperti kurangnya rasa percaya diri APP untuk mengemukakan gagasan didepan
orang banyak, rendahnya kapasitas dalam mengidentifikasi dan mengemas
issu, kurangnya pemahaman tentang
prosedur pelaksanaan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan. Selain itu,
juga ditemukan kendala internal secara kelembagan seperti kurangnya realisasi
inisiatif akibat tidak adanya dukungan dari fraksi mayoritas oleh karena
kepentingan yang berbeda.
Hal-hal tersebut diatas mendasari Yayasan BaKTI bersama
jaringannya untuk mengusung program “Penguatan Kapasitas Anggota Parlemen Perempuan dalam Memperjuangkan Kebijakan yang Berpihak pada Perempuan dan Masyarakat Miskin”. Program ini dilaksanakan di bawah
program MAMPU (Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan) yang
didanai oleh AUSAID dan mencakup 9 (sembilan) provinsi di kawasan timur
Indonesia. Tahun pertama akan berprogram di Provinsi NTB, Sulsel dan Maluku
serta akan bekerja dengan LSM/Ornop sebagai Mitra Daerah yang konsern pada 5 (lima)
tema MAMPU:
1) Meningkatkan akses perempuan terhadap
program perlindungan sosial pemerintah;
2) Penguatan kepemimpinan perempuan untuk
kesehatan reproduksi dan kesehatan ibu hamil;
3) Memperkuat kepemimpinan perempuan untuk
menguruangi kekerasan terhadap perempuan;
4) Memperbaiki kondisi untuk buruh migran;
5) Meningkatkan
akses perempuan terhadap lapangan pekerjaan dan menghapus diskriminasi
di tempat kerja.
Untuk
pelaksanaan program tersebut, saat ini Yayasan BaKTI saat ini sedang mencari staf
program untuk posisi: Program
Officer.
REKRUITMEN
Program
Coordinator MAMPU (1 Orang)
1. Tugas
1)
Mengkoordinir
Implementasi program MAMPU pada wilayah Sub Office BaKTI.
2)
Memastikan
pelaksanaan kegiatan-kegiatan program sesuai dengan rencana kegiatan yang telah
ditetapkan.
3)
Melakukan supervis pelaksanaan program terhadap tim program,
adminsitrasi dan keuangan
4)
Menggantikan
peran Program Manager MAMPU jika dibutuhkan.
5)
Melakukan
koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan
propinsi.
6)
Membuat laporan
narasi program sesuai dengan periode yang telah ditentukan.
7)
Membuat
analisa terhadap media monitoring yang dikumpulkan oleh Admin Assistant.
8)
Mengidentifikasi
dan mendokumentasikan praktik-praktik cerdas.
9)
Menjadi
moderator mailing list Program MAMPU BaKTI.
10) Melakukan koordinasi dengan Unit
Komunikasi BaKTI mengenai informasi dan pengetahuan yang diterima dan
didiseminasikan baik kepada Mitra BaKTI Program MAMPU maupun pihak lain.
11) Membuat database terkait dengan Program
MAMPU.
12) Mereview permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk
keperluan program yang
diajukan oleh Admin Officer
MAMPU.
13) Membuat terjemahan Indonesia – Inggris
dan sebaliknya.
14)
Melakukan tugas
lain yang diminta supervisor atau dan line manager.
2. Kualifikasi
1)
Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola
program penguatan kapasitas.
2)
Berpengalaman
minimal 4 tahun dalam program, khususnya yang terkait dengan isu Gender.
3)
Berpengalaman
bekerjasama dengan Legislatif dan Pemerintah Daerah.
4)
Trampil bekerja
dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan
administrasi.
5)
Komunikasi yang
baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
6)
Self Initiative, motivated dan mampu bekerja
dengan deadline yang ketat.
7)
Memiliki
kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.
Project Officer (PO): 2 Orang
Bekerja atas supervisi Program Coordinator, dengan tugas dan
kualifikasi:
1. Tugas
1)
Memastikan
pelaksanaan kegiatan-kegiatan program berjalan sesuai dengan rencana kegiatan
yang telah ditetapkan.
2)
Menggantikan
peran Program Coordinator jika dibutuhkan.
3)
Melakukan
koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan
propinsi.
4)
Membuat laporan
narasi pelaksanaan kegiatan program.
5)
Membantu
Program Coordinator membuat analisa terhadap media monitoring yang dikumpulkan
oleh Admin Assistant.
6)
Mengidentifikasi dan mendokumentasikan
praktik-praktik cerdas.
7)
Menjadi
moderator mailing list Program MAMPU BaKTI.
8)
Atas persetujuan Program Koordinator Melakukan koordinasi dengan Unit
Komunikasi BaKTI mengenai informasi dan pengetahuan yang diterima dan
didiseminasikan baik kepada Mitra BaKTI Program MAMPU maupun pihak lain.
9)
Membuat
database terkait dengan Program MAMPU.
10) Membuat terjemahan Indonesia – Inggris
dan sebaliknya.
11) Melakukan tugas lain yang diminta
supervisor atau dan line manager.
2. Kualifikasi
1)
Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola
program penguatan kapasitas.
2)
Berpengalaman
minimal 2 tahun dalam program, khususnya yang terkait dengan isu Gender.
3)
Trampil bekerja
dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan
administrasi.
4)
Komunikasi yang
baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)
Self Initiative, motivated dan mampu bekerja
dengan deadline yang ketat.
6)
Memiliki
kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.
Staf
Monitoring dan Evaluasi (1 Orang).
Bekerja dibawa supervisi Program Coordinator dengan
tugas dan kualifikasi:
1. Tugas
1)
Membantu
tim program untuk memastikan
pelaksanaan kegiatan-kegiatan program berjalan sesuai dengan rencana kegiatan
yang telah ditetapkan.
2)
Melakukan
koordinasi untuk pelaksanaan program dengan stakeholder kabupaten/ kota dan
propinsi.
3)
Membuat
pendokumentasian data-data program.
4)
Mengumpulkan media monitoring dan
membantu Program Coordinator membuat
analisis terhadap media monitoring yang dikumpulkan.
5)
Menyiapkan dan Membuat analisa pelaksanaan kegiatan (pre-post test, dan tools
lain yang digunakan)
6)
Menjadi kontributor pada mailing list Pintar MAMPU.
7)
Membuat
database terkait dengan Program MAMPU.
8)
Membuat
terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
9)
Melakukan tugas
lain yang diminta supervisor atau dan line manager.
2. Kualifikasi
1)
Minimum S1 yang memiliki pengalaman mengelola
program penguatan kapasitas.
2)
Berpengalaman
minimal 2 tahun dalam melakukan
pendokumentasian program dan melakukan
monitoring dan evaluasi, memahami peserpektif gender akan menjadi kualifikasi
khusus.
3)
Trampil bekerja
dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan
administrasi.
4)
Komunikasi yang
baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)
Self Initiative, motivated dan mampu bekerja
dengan deadline yang ketat.
6)
Memiliki
kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minim.
Staf Finance (1 Orang)
Bekerja dibawah supervise Program Coordinator dengan
tugas dan kualifikasi:
1.
Tugas
1)
Memastikan penggunaan anggaran program MAMPU sesuai
dengan rencana kerja yang disusun
2)
Membuat rencana anggaran dan laporan realisasi/
penggunaan anggaran sesuai dengan waktu pelaporan yang ditetapkan
3)
Membuat voucher terkait dengan pengeluaran dan
pemasukan dana program MAMPU yang sesuai dengan standar keuangan Yayasan BaKTI
untuk diajukan ke FAO Yayasan BaKTI.
4)
Mengumpulkan dan menyimpan dokumen-dokumen terkait
dengan laporan keuangan sesuai dengan Standar Keuanagan Yayasan BaKTI terkait
dengan penggunaan dana Yayasan BaKTI.
5)
Bekerjasama dengan Project Officer dalam memastikan
anggaran tersedia untuk pelaksanaan kegiatan
6)
Melakukan tugas lain yang diminta oleh supervisor
atau line manager.
2.
Kualifikasi
1) Minimum
S1 Akuntansi
2) Berpengalaman minimal 2 tahub dalam bidang
keuangan dan program
3) Terampil bekerja dengan komputer dengan MS
Office dan software lain untuk kebutuhan
keuangan dan administrasi.
4) Komunikasi
yang baik dalam bahasa Idnonesia dan Ingris, lisan dan tulisan.
5) Self
initiative, motivated, dan mampu bekerja dengan deadline yang ketat.
6) Mampu
bekerja dengan pengawasan minim
7) Dapat
bekerja dengan tekanan yang padat dengan waktu yang terbatas
8) Mampu
bekerja dalam tim.
Staf Admin (1 Orang)
Bekerja dibawah supervise Program Coordinator dengan
tugas dan kualifikasi :
1.
Tugas
1)
Mendokumentasikan segala bentuk dokumen program
MAMPU seperti laporan-laporan narasi dari mitra daerah, foto, klipping dan
segala publikasi program lainnya
2)
Membuat dan megajukan permintaan anggaran untuk
pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program bersama
dengan Program Koordinator
3)
Membuat dann mengajukan procurement untuk pengadaan
barang dan jasa.
4)
Membantu finance dalam kelengkapan administrasi guna
pelaporan keuangan
5)
Membuat dan mengajukan laporan penggunaan anggaran
kepada dinanace.
6)
Membantu Finanace dan Project Officer MAMPU dengan
perkiraan kebutuhan anggaran pelaksanaan program.
7)
Membantu Program Coordinator dan Project Officer
MAMPU dalam surat menyurat, mengorganisisr kegiatan, transportasi, akomodasi,
pemesanan penerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
8)
Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau
line manager.
2. Kualifikasi
1)
Minimum S1 komunikasi atau administrasi
2)
Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang
administrasi dan pelaporan
3)
Ter ampil bekerja dengan komputer
dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
4)
Self initiative, motivated dan mampu bekerja dengan
deadline yang ketat.
5)
Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan
yang minim
6)
Mampu bekerja didalam tim.
Staf Project
Assistant (PA): 3 Orang
Program
Assisstant bertanggung jawab langsung kepada Project Officer, dengan tugas
kualifikasi sebagai berikut :
1. Tugas
1)
Bertanggung
jawab untuk mendokumentasikan segala dokumen program MAMPU,
2)
Seperti
laporan-laporan narasi, foto, kliping, dan segala publikasi pelaksanaan
program.
3)
Membuat
dan mengajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan
4)
Perjalanan
untuk keperluan program bersama dengan Project Officer.
5)
Mempersiapkan
kelengkapan administrasi dan keuangan untuk pelaporan kegiatan.
6)
Membantu
Program Officer mengelola SMS Gateway dan Media on line Pintar MAMPU.
7)
Membantu
Project Officer MAMPU berkaitan dengan surat-menyurat, mengorganisir kegiatan,
mengorganisir transportasi, akomodasi, pemesananpenerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
8)
Membuat
terjemahan Indonesia – Inggris dan sebaliknya.
9)
Melakukan
tugas lain yang diminta supervisor dan atau line manager.
2. Kualifikasi
1)
Minimum
S1 bidang ilmu sosial, ekonomi atau bidang lain yang relevan.
2)
Berpengalaman
minimal 2 tahun dalam bidang administrasi dan program.
3)
Terampil
bekerja dengan komputer dengan MS Office dan software lain untuk kebutuhan administrasi
dan pelaporan.
4)
Komunikasi
yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
5)
Self
initiative, motivated dan mampu bekerja
dengan deadline yang ketat.
6)
Memiliki
kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimu.
7)
Memiliki
kemampuan bekerja dalam tim dengan baik.
LOKASI DAN DURASI
Posisi ini adalah local hired dan akan berbasis di
Kantor Sub Office Yayasan BaKTI di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Durasi penugasan untuk post
ini adalah 8 (delapan) bulan dimulai Oktober
2014 – 30 Juni 2015 dengan
kemungkinan perpanjangan yang
bergantung pada
kinerja.
Yayasan BaKTI membuka kesempatan yang sama bagi semua
pelamar dan akan dipilih berdasarkan prestasi melalui proses perekrutan sesuai
standard Yayasan BaKTI tanpa membedakan latar belakang etnis, jenis kelamin, kecacatan, status sosial-ekonomi,
orientasi seksual atau keyakinan agama.
Bagi yang berminat dan merasa memenuhi syarat/ kriteria
tersebut diatas, silahkan untuk
mengirim lamaran ke info@bakti.or.id (CV dan surat lamaran) dengan batas
waktu tidak lewat dari tanggal 6 Oktober
2014.
--
Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)
Jl. H.A. Mappanyukki No.32
Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Telp. +62 411 832 228, 833 383 Fax +62 411 852 146
Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia)
Jl. H.A. Mappanyukki No.32
Makassar, Sulawesi Selatan 90125
Telp. +62 411 832 228, 833 383 Fax +62 411 852 146
Kantor MAMPU BaKTI Jl. H.A.
Mappanyukki No. 62A
pintarmampu.bakti.or.idFacebook: YayasanBaKTI
Twitter: @InfoBaKTI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar