Kamis, 18 Juni 2015

ICCTF

Latar Belakang:
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan mendirikan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) pada  tahun 2009 untuk menarik, memfasilitasi dan mengkoordinasikan pendanaan kegiatan penanganan perubahan iklim di Indonesia. ICCTF, yang telah beroperasi sejak tahun 2010, merupakan mekanisme finansial terintegrasi pertama untuk pelaksanaan kebijakan dan program nasional terkait perubahan iklim.
Untuk mendukung suksesnya operasional ICCTF, Database Management Officer akan direkrut untuk memfasilitasi kebutuhan akan layanan database management baik untuk kelancaran kegiatan sehari-hari Sekretariat ICCTF ataupun dalam rangka peningkatan akuntabilitas bagi stakeholder terkait.
 
Tugas  dan Pekerjaan Database Management Officer
1.       Ringkasan Fungsi Utama:
a.        Mengembangkan dan mengimplementasikan database ICCTF baik offline maupun online
b.        Dukungan operasional yang efektif
c.         Fasilitasi proses manajemen pengetahuan
2.       Pengelolaan Database:
a.        Mengembangkan, mengimplementasikan dan memelihara database ICCTF baik online maupun offline
b.        Mengumpulkan, mengintegrasikan dan memperbarui data
c.         Memastikan akurasi dan konsistensi data yang diterima
d.        Melakukan analisis data dan membuat laporan dalam berbagai format termasuk grafik, diagram, tabel-tabel dan Peta yang diperlukan.
e.        Menyediakan informasi terbaru yang diperlukan dan melakukan analisis data sesuai dengan kebutuhan.
f.         Mengembangkan pedoman untuk manajemen informasi ICCTF dan standar teknologi dan prosedur untuk lingkungan Sekretariat ICCTF.
g.        Menganalisis kebutuhan dan menjabarkan kebijakan dan prosedur internal pada penggunaan Tekhnology Informasi(TI).
h.        Memetakan proses bisnis TI dan menjabarkan/membentuk ProsedurStandar Operasional (SOP) internal ICCTF dalam pengelolaan IT, pengembangan lebih lanjut dari database proyek ICCTF.
3.        Dukungan operasional yang efektif:
a.        Pengembangan sistem manajemen file untuk operasional ICCTF.
b.        Mengembangkan dan memelihara dokumentasi termasuk mengelola website ICCTF
c.         Mendesain, mengembangkan, dan memelihara sistem manajemen database untuk proyek ICCTF.
d.        Memastikan kondisi local area networkinternet dan konektivitas email di Service Level Agreement diterapkan dengan benar.
e.        Mendukung dalam pengembangan dan penggunaan Enterprise Resource Planning (ERP)atau standar system lainnya yang disetujui oleh manajemen ICCTF.
f.         Dukungan dalam permasalahan TI yang berhubungan dengan Sekretariat ICCTF.
4.       Fasilitasi proses manajemen pengetahuan:
a.        Mendesain, mengembangkan, dan memeliharaplatform internet dan intranet untuk pertukaran data dan informasi, dan alat-alat manajemen pengetahuan ICCTF dan operasional Sekretariat ICCTF.
b.        Berkonsultasi dengan para Pimpinan dari ICCTF, dan Bappenas dalam merancang sebuah Sistem Manajemen Pengetahuan untuk ICCTF.
c.         Penyesuaian isi sistem manajemen pengetahuan dari perspektif pengguna, untuk memastikan interaktivitas optimal dan kegunaannya.
d.        Mendukung pengguna data dan pertukaran informasi dalam masalah teknis, menyusun manual singkat jika diperlukan, dan menjamin pengguna mendapatkan akses ke informasi benar yang diperlukan.
e.        Memberi dukungan arahan dalam pembuatan, pemeliharaan serta pembaharuan data inventori yang akura tuntuk semua asset milik ICCTF.
 
Pembiayaan dan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan:
-          Pembiayaan untuk pengadaan 1 (satu) orang sebagai Database management Officer Sekretariat ICCTF akan dibiayai melalui dana Rupiah Murni yang bersumber dari Anggaran Kementerian Negara PPN/Bappenas Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp.81.000.000,- selama 6 (enam) bulan termasuk pajak. Sedangkan pelaksanaan kegiatan Database Management Officer pada Sekretariat ICCTF di mulai daritanggal  01 Juli 2015 sampai dengan 31 Desember 2015.
 
Persyaratan Database management Officer:
Persyaratan:
-        Posisi ini untuk individu yang berkepribadian matang, mandiri, dan professional padabidangnya yaitu Teknolog iInformatika dan manajemen pengetahuan organisasi.
-        Kandidat yang berhasil harus proaktif dan inovatif
Pendidikan:
-        Minimum memiliki pendidikan Sarjana di bidang Ilmu Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Informasi/ ilmu yang relevan. Pendidikan Master lebih disukai.
Pengalaman:
-        Diutamakan mempunyai pengalaman dengan system anggaran pemerintah.
-        Mempunyai pengalaman kerja minimal 4 tahun (untuk S1) atau 2 tahun (untuk S2) yang relevan di bidang pengembangan dan pemeliharaan website, terlibat dalam proses komunikasi dan/atau kampanye kesadaran masyarakat. Paling sedikit 1 tahun dalam kapasitas yang sama di bidang Teknologi Informasi, lebih disukai dalam lembaga pembangunan bilateral/multilateral.
-        Menguasai salah satu bahasa pemrograman web (PHP, AJAX, JQUERY, XML, MYSQL, MSSQL dan Framework, HTML, Java Script, Animasi Flash).
-        Mampu mendesain database berbasis web atau administrasi database, manajemen data dan analisis data. Mengerti dan menguasai Database Relational System (RDBMS).
-        Mempunyai pengalaman dalam administrasi jaringan, manajemen platform hardware dansoftware, fasilitas telekomunikasi, paket/aplikasi pengetahuan berbasis Windows, desain web, pengembangan, dan pemeliharaan, juga penyediaan dukungan TI.
-        Mempunyai pengetahuan bekerja tentang lay-out publikasi dan desain, dan pengembangan media audio-visual.
-        Mempunyai pengalaman dalam bekerja dengan organisasi nasional dan internasional, khususnya yang berkaitan dengan isu-isu pembangunan.
-        Pengalaman dalam menuliskan dan mendokumentasikan pemeliharaan desain database  dan manual pelaksanaan.
-        Memilik ipengalaman melakukan rancangan dan merubah layout web dengan baik.
-        Memiliki kemampuan membuat aplikasi untuk salah satu atau semua mobile platform berikut: iOS, Android, Blackberry.
-        Penguasaan terhadap GIS software termasuk open source terkait menjadi keuntungan
-        Pengalaman bekerja dalam team
Persyaratan Bahasa:
-        Mempunyai kemampuan yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisanmaupun tulisan.
Persyaratan Administrasi:
-        Warga Negara Indonesia
-        Mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
-        Mempunyai Bukti Lapor SPT
               
               Bagi kandidat yang berminat silahkan mengirimkan CV dan surat lamaran ke vacancy@icctf.or.id paling lambat tanggal 22 Juni 2015.

Tidak ada komentar: