Rabu, 10 Juni 2015

Yayasan Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD)

Yayasan Inovasi Pemerintahan Daerah (YIPD) adalah sebuah organisasi nirlaba mandiri yang memfokuskan diri pada upaya-upaya penguatan kapasitas manajerial pemerintah daerah di Indonesia terutama di wilayah kajian keuangan daerah/ekonomi, pemerintahan daerah, lingkungan hidup dan bidang layanan penguatan kapasitas, studi kebijakan, manajemen pengetahuan dan penelitian/survei. Secara lebih spesifik, saat ini YIPD bekerja di beberapa isu sebagai berikut :

1.   Keuangan/ekonomi, antara lain : pembiayaan proyek infrastruktur perkotaan, pengelolaan keuangan daerah, dan kelayakan kredit
2.   Pemerintahan, antara lain : Kerjasama Antar Daerah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, analisa kebijakan, dan penguatan pemerintahan desa
3.   Lingkungan Hidup, antara lain: Kajian Lingkungan Hidup Strategis, Perubahan Iklim, dan Strategi Pembangunan Emisi Rendah

Saat ini YIPD mempunyai lowongan untuk Staf Program dan Manajer Program dengan cakupan tugas secara umum sebagai berikut :

1.             Membantu Direktur Program dan/atau Manajer Program dalam hal, sebagai berikut :
a.             Mengembangkan program sesuai dengan visi dan misi Yayasan
b.            Mempersiapkan bahan proposal sesuai bidang yang ditawarkan pemberi tugas
c.             Membantu implementasi program sesuai dengan bidang yang ditentukan
d.            Membantu penulisan laporan atas program termasuk replikasi dan diseminasinya jika diperukan
2.            Menyiapkan laporan yang diperlukan dan menyampaikannya secara berkala kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
3.             Melakukan koordinasi dengan anggota tim YIPD yang lain agar tercapai sinergi dan hasil optimal dalam penyampaian materi pendampingan pada pemberi tugas.
4.        Memberikan masukan kepada manajemen YIPD guna pengembangan materi ke depan dan menghasilkan contoh-contoh pendampingan yang efektif.
5.             Mengelola dan mengoperasikan website dan media komunikasi online organisasi secara aktif, termasuk di dalamnya menerbitkan publikasi berkala dari organisasi.
6.             Mengelola proses pembelajaran dan menangani kegiatan pengelolaan pengetahuan di dalam organisasi di bawah arahan Direktur Program.
7.             Mengembangkan jejaring organisasi dengan semua pihak (dari pemerintahan, swasta, LSM, donor, masyarakat, dan sebagainya).
8.             Melaksanakan tugas-tugas lain yang diminta oleh Direktur Program/Researcher atau wakil lain yang ditunjuk dalam rangka mendukung kegiatan dan pengembangan organisasi YIPD.
Kualifikasi : 
·            Pendidikan minimal S1 di bidang sosial, pemerintahan, ekonomi, lingkungan, dan/atau bidang lain yang relevan dengan bidang kerja organisasi
·            Berpengalaman minimal 3 tahun untuk Staf Program dan minimal 5 tahun untuk Manajer Program
·            Berpengalaman bekerja dengan LSM, donor, dan/atau CSR perusahaan
·            Berpengalaman bekerja dengan pemerintah di segala tingkatan
·            Berpengalaman mengembangkan dan melaksanakan program-program pembangunan di isu-isu yang relevan dengan isu kerja organisasi
·            Mempunyai sensitifitas jender
·            Mempunyai keahlian menulis: proposal, laporan, artikel, dan produk-produk tulisan lain
·            Mempunyai kemampuan untuk melakukan riset, baik primer maupun sekunder
·            Dapat bekerja secara mandiri dan dalam tim, serta mempunyai inisiatif yang baik
·            Dapat bekerja di bawah tekanan dan/atau dapat memenuhi tenggat waktu
·            Mempunyai kemampuan komunikasi dan jejaring yang baik
·            Untuk Manajer Program, mempunyai kemampuan untuk memimpin dalam proses pengelolaan program (Program Cycle Management) dan mempunyai jejaring yang luas
·            Diutamakan yang mempunyai kemampuan pengelolaan website dan IT
·            Bersedia belajar dan mengembangkan diri di bidang-bidang yang menjadi arah dan fokus organisasi ke depan
Prosedur aplikasi:
Surat lamaran dan CV harap dikirimkan melalui email ke YIPD paling lambat tanggal 21 Juni 2015 ke alamat email : rully@yipd.or.id dan yipd@yipd.or.id dengan menyertakan 3 nama dan kontak referensi.

Tidak ada komentar: